Skip to main content

Calon Komite Etik Penelitian Kesehatan SAY Ikuti Pelatihan

pelatihan etik
pelatihan etik

STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) terus meningkatkan diri, termasuk di dalamnya peningkatan mutu pelaksanaan penelitian. Untuk menunjang hal tersebut, STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta mengirimkan 8 pesertanya dalam Pelatihan Etik Dasar dan Good Clinical Practice (GCP) di Universitas Ahmad Dahlan, Kamis-Sabtu(26-28/2).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Komite Etik Penelitian Kesehatan Universitas Ahmad Dahlan (KEPK-UAD) bekerjasama dengan Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan (KNEPK). Dalam kegiatan tersebut, diberikan materi Etik Dasar sebagai bekal bagi calon anggota komite etik, dan materi Good Clinical Practice dimana peserta yang lulus dalam materi ini berhak untuk ikut dalam tim Penelitian Uji Klinik.

Menurut Koordinator Lembaga Pengembangan Ilmu, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) SAY, Sarwinanti, M.Kep., Pelatihan Etik Dasar dan Good Clinical Practice bertujuan untuk memberi bekal kepada peserta yang nantinya akan menjadi Tim Komite Etik Penelitian Kesehatan. Ini adalah kali kedua STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta mengirimkan peserta dalam pelatihan serupa. Dalam pelatihan ini semua peserta dari SAY dinyatakan lulus dalam materi Good Clinical Practice.

Sarwi berharap melalui pelatihan tersebut para calon tim Komite Etik SAY memiliki kompetensi yang sesuai dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan segera terbentuknya Komite Penelitian Kesehatan di SAY. Beberapa narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain dr. Suriadi Gunawan, DPH ;Prof. dr. Siti Fatimah, SpG(K); Dr. Ir. Inswiasri, M.Kes; Dr. drg. Magdarina Desti Agtini, M.Kes; Prof. Dr. Drh. Puji Astuti; dr. Noor Wijayahadi, M.Kes., PhD.