Skip to main content

Tiga Cara Sederhana Agar Mulut Sehat

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu aspek kesehatan yang penting. Selain itu, gigi sehat dan mulut sehat menjadikan kita lebih percaya diri.
free oakley sunglasses
tiga-cara-sederhana-agar-mulut-sehat
air jordan China
Kondisi gigi dan mulut merupakan cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi yang terjadi pada gigi dan mulut akan mudah terbawa melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tidak perlu kesulitan karena tiga cara sederhana bisa membuat mulut lebih sehat. Berikut seperti yang diungkap womenshealthmag.com:
ray ban rb2140
1. Basahi mulut
Ahli kesehatan gigi dan mulut, Carolyn Taggart-Burns, mengatakan bahwa air liur merupakan lini pertama dan terpenting dalam melawan bakteri. Air liur kaya akan antibakteri seperti histatin, protein yang dapat membunuh kuman dan menyembuhkan luka. Maka, mulut yang kering merupakan magnet bagi penyakit gusi. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga hidrasi mulut adalah cukup minum. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula juga bisa dilakukan guna menjaga air liur tetap mengalir, serta meningkatkan kadar pH mulut, serta mengurangi keasaman yang menyebabkan gigi berlubang.
kids air max 95
2. Bilas mulut sehabis makan
Membilas mulut atau berkumur dengan air sehabis makan dan sepanjang hari dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang menarik bakteri yang membuat plak, gigi keropos, hingga penyakit gusi. Menurut Taggart-Burns, berkumur setelah makan atau ngemil efektif dalam menghilangkan sisa makan di gigi, gusi, dan bagian lainnya dalam mulut. Setelahnya, air bisa dibuang atau ditelan.
nike air max Italy
3. Istirahat
Penelitian menunjukkan, hampir semua masalah di mulut berhubungan dengan satu faktor risiko signifikan, yaitu stres. Tekanan kronik menurunkan sistem imun, membuat tubuh kurang mampu melawan infeksi, termasuk pada mulut.

(Unoviana Kartika/Kompas.com)