berita s2

Sebanyak 39 mahasiswa S2 Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) melakukan kegiatan international practice project di National Taipei University Of Nursing and Health Sciencies (NTUNHS) Taiwan, (15-20 Maret 2015). Kegiatan ini merupakan bagian dari modul pembelajaran yang harus ditempuh mahasiswa S2 Kebidanan, dan mempererat jalinan kerjasama antara SAY dan NTUNHS.

DSC04920

Menurut Ketua Program Studi S2 Kebidanan, Evi Nurhidayati, M.Keb., kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kesehatan, khususnya pada ibu dan anak di Taipei, melihat sistem pendidikan kebidanan di Taipei, melihat praktek baik pelayanan dalam asuhan ibu dan anak yang dapat diterapkan/ diadopsi serta Kajian Health Technology Assessment tentang kesehatan ibu dan anak. Misi penting lainnya yang diemban adalah menjalin hubungan kerjasama antara SAY dengan NTUNHS. Mou yang telah terjalin lama dengan NTUNHS, saat ini dikembangkan dengan kerjasama dengan Prodi Ilmu Kebidanan Program Magister, sebagai prodi yang paling baru.

DSC04890

Kaprodi S2 Kebidanan NTUNHS Prof. ChehHuei Kao menyampaikan bahwa topik-topik riset S2 Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta sejalan dengan konsep kebidanan di NTUNHS. Kerjasama yang telah disepakati adalah joint research yang akan diawali dengan pemetaan topik dan dosen yang akan meneliti, sit in programme seperti prodi keperawatan dan kebidanan yang telah terjalin selama ini. Selain itu Cheh Huei Kao juga memberikan materi Prenatal and Gentle birth class in Taiwan dan Prenatal class practices in NTUNHS Clinic.

IMG-20150322-WA0013[1]

Beberapa klinik yang dikunjungi antara lain Binggun’s Mother and child Care Clinic NTUNHS yang memiliki konsep persalinan di rumah sakit serasa bersalin di rumah sebab pasien dapat memilih ruangan sesuai keinginannya mulai dari desain wallpaper, perabot dan sebagainya. Klinik kedua yang dikunjungi adalah BEST Midwives ClinicSupport yang melayani persalinan normal di Taiwan.

Materi yang diberikan sangat memuaskan dan sesuai dengan harapan mahasiswa dan tujuan prodi yaitu berkaitan dengan Health Technology Assessment, selaras dengan keunggulan Prodi S2 Kebidanan. Pada akhir kegiatan mahasiswa mendapatkan sertifikat dari NTUNHS.

Para pemateri pada kegiatan international practice project ini adalah pemateri-pemateri yang sangat ekspert dibidang kebidanan seperti Prof. Meei Ling Gau (President of Taiwan Midwifery Association) memberikan materi tentang Taiwan Midwifery Association, Ministry of Health’s Policy regarding Midwifery, maternity and neonate practice in Taiwan, Midwifery services system in Taiwan, and how to measure the quality of midwifery care, Birth ball technique during labour.

Prof. Su Chen Kuo (Research Methodology lecturer), dr.Yang seorang dokter Obstetri dan Ginekologi memberikan materi midwifery performance test by using OSCE : shoulder dystocia, breech birth, and NB resuscitation.

 DSC04927

 DSC04145