berita web

Kantor Kerjasama Internasional dan Humas (KKIH) STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta ( SAY ) akan menggelar International Summer Program (ISP 2015) pada 17-26 Agustus 2015 mendatang. Kegiatan rutin tahunan ini mengusung tema Empowering the Health Sciences Students Through Community, Culture and Social Program

Koordinator Kerjasama Internasional dan Humas, Indriani, M.Sc, menjelaskan bahwa pada kegiatan tersebut para peserta Summer Program dari luar negeri dan dalam negeri ini akan bergabung dengan mahasiswa SAY mengikuti pembelajaran tentang sistem kesehatan di Indonesia, budaya, dasar bahasa Indonesia dan sejarah tentang tanaman obat (jamu) dan membatik sebelum mereka memulai program mereka di lapangan. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang benar tentang Indonesia khususnya Yogyakarta dan tentang penyelenggaraan kesehatan dasar di Yogyakarta. Para mahasiswa dari NTUNHS ini akan terjun dalam kesehatan komunitas dan melihat langsung tentang praktek pembelajaran komunitas tentang kesehatan ibu dan anak, dan kunjungan ke beberapa rumah sakit Muhammadiyah.

Selain itu mereka mengikuti kuliah selama 3 hari dan melaksanakan praktikum di Puskesmas Piyungan dan berkunjung ke RS PKU Muhammadiyah Bantul.  Di samping itu mereka juga melaksanakan cultural trip ke Kraton Yogyakarta, Tamansari Water Castle, Candi Borobudur menyaksikan ballet Ramayana di Candi Prambanan dan lava tour. Mereka juga akan melaksanan kegiatan pengabdian masyarakat di salah satu desa di Yogyakarta.

KKIH SAY akan mengundang beberapa universitas mitra luar negeri seperti NTUNHS Taiwan, Universitas Mahidol Thailand, Ngee Ann Polytechnic Singapura serta mahasiswa Indonesia di lingkungan Perguruan¬† Tinggi ‘Aisyiyah/Muhammadiyah.