Hari cuci tangan se dunia yang jatuh pada 15 Oktober 2015 lalu, diperingati oleh STIKES a�?Aisyiyah Yogyakarta di Kretek Bantul. Peringatan ini merupakan rangkaian kegiatan praktik komunitas mahasiswa Kebidanan DIV di Dusun Sruwuh, Desa Donotirto Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, (18/10).

Menurut Dosen Kebidanan DIV, selaku penanggung jawab kegiatan ini, Indriani, M.Sc., aksi cuci tangan dengan melibatkan seluruh masyarakat baik anak-anak maupun dewasa tujuannya untuk memberi pendidikan kebersihan dan kesehatan sejak usia dini. Kesadaran akan pentingnya perilaku higienis dan sanitasi di Indonesia masih relatif sangat rendah. Kebiasaan yang sebenarnya sederhana seperti mencuci tangan pakai sabun kerap disepelekan padahal berdampak besar pada kesehatan.

Lebih lanjut Indri berujar bahwa kebiasaan baik ini dapat mencegah penularan dan penyebaran berbagai penyakit menular dan penyakit berbasis lingkungan. Selain aksi cuci tangan, kegiatan lainnya yang digelar pada acara komunitas ini antara lain senam bersama, pemeriksaan kesehatan gratis, lomba untuk anak-anak (cuci tangan, menggambar, hafalan surat pendek), lomba voli dan lomba masak.berita 1

IMG_1926

IMG_1956

IMG_1994

IMG_2115

IMG_2129

IMG_2177

IMG_2221

IMG_2228

IMG_2235