Yogyakarta – Guna mendapatkan dukungan dalam pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Yogyakarta dan juga kerja sama dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi Rektor UNISA Yogyakarta dan jajaran melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Mata dr. YAP Yogyakarta. Senin (19/12/2022).

Rumah Sakit Matar dr. YAP akan berusia satu abad tepatnya ada 29 Mei 2023 mendatang, oleh karena itu RS Mata dr. YAP terus berusaha melakukan upaya pelayanan kesehatan serta pendidikan yang memiliki daya saing global yang tentunya membutuhkan adanya kolaborasi. Hal tersebut seperti dikatakan oleh Direktur RS Mata dr. YAP dr. Alida Lienawati, M.Kes., FISQua dalam sambutannya.

“29 Mei 2023 Rumah Sakit Mata dr. YAP akan berusia 1 abad dan saat ini kita sedang mempersiapkan perayaannya. Kita memilik 1 visi dan 3 misi, salah satunya adalah berupaya untuk bersinergi dengan institusi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan serta mampu bersaing secara global. Sehingga YAP dengan senang hati untuk berkolaborasi.” Ungkap direktur RS Mata dr. YAP

Kolaborasi atau kerja sama sangat penting untuk dilakukan terlebih dalam dunia pendidikan. Seperti dikatakan dalam sambutan rektor UNISA Yogyakarta Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk bisa bersilaturahim dengan Direksi dan pihak RS Dr YAP. Ucapan terima kasih juga disampaikan karena RS dr. YAP menyambut ajakan kerjasama  dari Unisa Yogyakarta. Menyambung silaturahim dengan YAP. Sejak 2016 mengalami konversi menjadi Universitas. Saat ini jumlah mahasiswa 7200 mahasiswa, di tahun 2022 unisa mendapatkan mandat dari Aisyiyah untuk membuka prodi Kedokteran. Kemenristekdikbud sudah memcabut moratorium pembukaan kedokteran. Berdasarkan hasil analisa menkes, memang Indonesia masih sangat terbatas untuk sdm dokter. Tetunya kolaborasi sangat dibutuhkan dalam hal ini.” Ungkap rektor UNISA Yogyakarta

Pihak YAP memahami bahwa sinergisitas merupakan kunci memajukan institusi dan negara. Draft kerja sama untuk Fakultas Kedokteran UNISA Yogyakarta telah mendapatkan review dan perlu sedikit perbaikan sedangkan draft kerja sama untuk tri dharma perguruan tinggi telah dilakukan penandatanganan kedua belah pihak. Pada dasarnya RS Mata dr. YAP menyambut dengan baik segala bentuk kerja sama yang memberikan dampak yang baik untuk masing-masing pihak.