Tepat enam bulan yang lalu telah dilaksanakan Webinar dan pelatihan yang di selenggarakan selama satu bulan mulai dari tanggal 28 Juni hingga 28 Juli 2022, acara tersebut dibuka dengan webinar “Fostering Inclusive Approaches to Health Equity in Indonesia Training for Nursing and Midwifery Students, Health Workers, and Disability Advocates to Promote Inclusive and Accesible Health Services” kemudian dianjutkan dengan pelatihan “Fostering Inclusive Approaches to Health Equity in Indonesia” yang berlangsung selama satu bulan.

Acara tersebut berjalan atas kolaborasi La Trobe University, UNISA Yogyakarta dan AIDRAN. Fostering Inclusive Approaches to Health Equity in Indonesia telah mendapatkan dana hibah dari Australia-Indonesia Institute (AII) of the Departement of Foreign Affairs and Trade.

Setelah enam bulan berlalu para peserta pelatihan yang telah mengikutinya ber-reuni kembali yang dinisiasi oleh panitia dalam melakukan bincang santai dan sharing pengalaman dari para peserta pasca mengikuti pelatihan yang dilakukan secara online melalui platform Zoom pada Jum’at. (23/12/2022).

Acara berlangsung dengan penyampain cerita dan pengalaman dari para peserta, melalui pengalaman dan cerita yang disampaikan akan menjadi evaluasi untuk menentukan training apa yang perlu dilakukan kedepannya. Perwakilan dari La Trobe University Prof. Lisa McKenna dalam kesempatan ini juga turut menyampaikan kesannya, beliau mengungkapan bahwa La Trobe dan AIDRAN sangat senang dengan komitmen para alumni peserta pelatihan yang masih mau memberikan kontribusi dan berbagi pengalaman terkait kepedulian terhadap penyandang disabilitas.